Image

Samarinda(26/8/22). LTMPT adalah lembaga pendidikan di bawah Kemendikbudristek yang bertugas menyelenggarakan tes untuk masuk perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa. Adapun LTMPT ini bagian dari serangkaian alur yang harus diikuti calon mahasiswa baru yang ingin masuk PTN. Setelah lulus SMA, sebagian besar siswa tentunya ingin melanjutkan ke PTN (perguruan tinggi negeri). Namun, siswa yang ingin masuk PTN harus mengikuti tes dari LTMPT terlebih dulu.

Saat ini, terdapat banyak jalur ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, misalnya saja SNMPTN dan UTBK. Dikarenakan banyaknya jalur seleksi, seringkali banyak calon mahasiswa yang bingung memilih jalur yang tepat untuk mengikuti seleksi. Alur masuk favorit perguruan tinggi negeri jalur UTBK selalu ramai peminat. Kepanjangan dari singkatan UTBK sebenarnya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Pada tahun 2022 sekolah yang mengikuti UTBK sebanyak 23.657 sekolah, siswa siswi dari sekolah-sekola tersebut bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang merupakan pelaksana resmi tes sebagai jalur masuk ke perguruan tinggi merilis 1000 sekolah terbaik tingkat nasional berdasarkan akseptabilitas atau tingkat penerimaan siswa dan siswi di perguruan tinggi.

Data yang dirilis oleh LTMPT menyatakan sekolah dari Provinsi Kalimanta Timur ada 15 sekolah, diantara 15 sekolah itu salah satu diantaranya adalah SMA Islam Terpadu Granada Samarinda. Hal ini bukan tanpa sebab karena SMA Islam Terpadu Granada Samarinda berhasil meraih nilai total 513,957 dimana hasil tersebut mengungguli banyak sekolah bergengsi di Kalimantan Timur.

SMA Islam Terpadu Granada Samarinda adalah sekolah yang kurikulumnya menyesuaikan kurikulum nasional sekaligus mengkombinasikan dengan ke-khasan Sekolah Islam Terpadu, siswa-siswi dibimbing untuk seimbang antara kecerdasan intelektual, Emisional, dan spiritual sehingga lulusannya diharapkan mampu ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional.