Pramuka SIT Indonesia
Dengan takwa kami meraih cita
Pramuka SIT Indonesia
Tangguh, tangkas, teguh di dalam jiwa

(Mars Pramuka SIT)

Berikut adalah adalah penggalan Mars Pramuka SIT Indonesia yang menggambarkan bagaimana pola pendidikan Pramsit (begitu nantinya disingkat) itu.

Pramsit adalah salah satu ke khas an pola pendidikan pembentukan karakter dalam satuan pendidikan di bawah naungan JSIT, termasuk Granada. Pola intensif dalam pembinaannya mengacu pada SKU yang wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka sebagai syarat mendapatkan tanda kecakapan.

Di pramsit, jiwa kedisiplinan begitu dilatih dalam setiap kegiatannya. Hal ini diharapkan juga ikut tertanam dalam diri seorang anak dalam kesehariannya mengikuti Proses KBM, pergaulan, beribadah, hingga di lingkungan keluarga.

Semua kegiatan-kegiatan tersebut selalu berbingkai ketakwaan kepada Allah. Inilah yang kemudian menjadi ke khas an Pramsit. Penanaman adab dan pembiasaan islami begitu kental terlihat dalam setiap event-eventnya.

Membaca Al- Qur’an, sholat dhuha, berdzikir pagi-petang, sholat berjamaah, tahajud, berkata yang baik, menyebarkan salam, kebiasaan bersih dan lainnya adalah aspek yang tidak pernah dipinggirkan baik dalam setiap kegiatan dalam ataupun diluar ruangan.

Sabda Rasulullah,
Bertaqwalah kepada Allah dimana kamu saja berada…. (H.R. Tirmidzi)

Hal ini bertujuan untuk selalu mengingatkan para peserta didik untuk ingat kepada Rabb nya. Dimanapun dan kapanpun nilai yang ingin ditanamkan kepada peserta didik bahwa selalu ada Allah dalam setiap aktifitas-aktifitas mereka.

Nilai-nilai pendidikan Pramuka SIT ini muaranya adalah para peserta didik dapat mewujudkan nilai-nilai religi serta senantiasa menjaga kelestarian lingkungan untuk mempersiapkan diri membangun bangsa Indonesia sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma.

Salam Pramuka!