Image

Sebuah penghormatan bagi saya saat mendapatkan undangan dari Panitia Granada Festival 2.2 yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Granada Samarinda, pada Rabu Malam, 14/09/2022.

Panitia meminta saya untuk menjadi satu dari tiga juri Lomba Musikalisasi Puisi yang akan diselenggarakan esok harinya pada Kamis Pagi, 15/09/2022.

Meski permintaan ini cukup mendadak bagi saya, namun informasi adanya kegiatan festival telah saya dapatkan sekitar akhir Agustus lalu. Hanya saja saya belum mendapatkan konfirmasi ulang dari mereka  untuk menjadi salah satu juri pada lomba tersebut.

Dan ternyata, permintaan resmi tersebut baru disampaikan jelang hari H melalui percakapan perpesanan. Dengan senang hati saya menyambut permintaan mereka.

Granada Festival adalah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Siswa Terpadu (BEST) Granada sebagai sarana penyaluran kreatifitas siswa dan siswi SMA IT Granada. Sekilas info, untuk OSIS pada sekolah setingkat SMA yang berada di jaringan sekolah islam terpadu menggunakan sebutan BEST.

Festival ini merupakan sebuah agenda rutin tahunan dari BEST SMA IT  Granada, menyediakan panggung ekspresi bagi siswa dan siswi dalam berkarya, sekaligus untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat.

Dare To Explore The Better Future, 

Merupakan tema yang digunakan panitia pada festival tahun ini, untuk menunjukan bahwa para siswa dan siswi siap mengeksplorasi hal-hal baru untuk memeriahkan dan mensukseskan agenda besar ini.

Tema tersebut sengaja dipilih agar dapat memotivasi peserta untuk berani menjelajah masa depan yang lebih baik bagi dirinya maupun orang-orang disekitarnya.

Mengingat tahun sebelumnya merupakan tahun pandemi, yang mana para pelajar hanya bisa beraktivitas secara daring. Kini mulai move on dengan mengekspresikan karya secara tatap muka di hadapan publik.

Apa saja agenda gelaran Granada Festival 2.2?

Menurut penuturan Surya Lisdi Pamungkas (kelas XII IPA A) selaku Ketua Panita GraFest, selama agenda ini berlangsung dari tanggal 15 s.d 17 September 2022, banyak agenda yang digelar oleh panitia di hari pertama dan kedua.

Ada Lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ), Lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Pidato, Lomba Fotografi, Lomba Poster dan Lomba Presentasi Bahasa inggris yang pesertanya adalah para siswa/siswi SMP/MTS sederajat se-Kota Samarinda.

Sedangkan hari ketiga, panitia membuat konser musik yang pada tahun ini mengundang Alwan dan Chandra Idol sebagai puncak acara. 

Manfaat acara Granada Festival

Sebagaimana disampaikan oleh Ustadz Ismail Latisi selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, acara ini bermanfaat untuk membangun kreatifitas siswa dalam berbagai aspek, mulai dari kontribusi pada acara dan penampilan hingga ide berbisnis.. Selain itu, siswa pun memiliki pengalaman dalam membuat pagelaran acara besar

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Granada Festival 2.2, Ajang Para Siswa Unjuk Karya dan Potensi yang Mumpuni”, Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/siskaartati/6327b3664addee333c3f8352/granada-festival-2-2-ajang-para-siswa-unjuk-karya-dan-potensi-yang-mumpuni?page=2&page_images=2

Kreator: SISKA ARTATI

Kategori: Granada