Image

Ketika anda membaca tulisan ini mungkin anda adalah salah satu orang tua/ wali murid yang visioner. Memilih sekolah tidak hanya melihat segi fasilitas dan keunggulannya tetapi juga memperhatikan pendidikan karakter seorang anak yang kelak akan menuntun anda ke syurga-Nya. insyaAllah.

Karakter adalah nilai khas, watak, akhlak atau kepribadian seseorang hasil kristalisasi berbagai pengalaman hidup yang ia alami. Hal ini kemudian tertanam dalam kehidupan seseorang mulai dari sudut pandang berpikir, berperilaku, dan berucap dalam kesehariannya.

Dalam islam cukup banyak ayat dan hadist tentang akhlak atau pendidikan karakter dan memerintahkan umatnya untuk memperbaiki serta menunjukan akhlak mulia.

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.” (shahih. HR. Ahmad)

Serta Sabda Rasulullah,

“Sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik akhlaknya.” (HR. Ahmad)

Hal ini kemudian menjadi penekanan pentingnya pendidikan akhlak atau karakter bagi umat muslim.

Di dunia pendidikan Sekolah islam memiliki peran besar dalam mencetak generasi harapan ummat untuk menjawab tantangan zaman. Generasi yang tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan (aqliyah) saja, tetapi dididik dan dibenahi kepribadiannya(Syakhsiyah) dan dikuatkan mentalnya(Ruhiyah).

Maka Pendidikan karakter sejak bangku pendidikan cukup penting dalam proses tumbuh kembang anak. Disini segala akumulasi nilai-nilai pengalaman yang ia dapati menjadi bingkai bagaimana ia melanjutkan hidup pasca remajanya nanti. Inilah yang kemudian menjadikan ke Khas an dari sekolah-sekolah yang bernaung di bawah JSIT Indonesia termasuk SMA Islam Terpadu Granada.

BPI atau Bina Pribadi Islam adalah program Intensif dalam membentuk dan menanamkan karakter atau akhlak yang baik bagi si anak. Pola pendidikan dalam BPI adalah pola kelas kecil terdiri dari 10-12 orang yang memungkinan proses transfer pemahaman dan penanaman nilai jauh lebih tepat sasaran dibandingkan kelas besar. Dengan pola tersebut, guru atau pendamping dalam kelompok memungkinkan untuk melakukan deteksi dini jika ada hal-hal yang negatif yang dilakukan oleh si anak.

Pendekatan emosional lebih diutamakan dalam pola tersebut. Multi peran sebagai seorang guru, orang tua, guru spiritual, kakak, dan pendekatan lainnya lebih diutamakan agar memudahkan mentransfer nilai positif kepada sang anak. Tak heran dalam kelompoknya anak bisa lebih mengekspresikan dirinya, lebih dekat persaudaraan dengan teman dan gurunya, diajarkan sikap empati dan saling membantu dan tentunya semua dalam bingkai syariat.

Kurikulum dalam pembelajarannya bersumber dari Al Qur’an, hadist dan kisah-kisah teladan Rasulullah dan Sahabatnya, dan memperhatikan UU No. 20 tahun 2003 tentang tujuan Pendidikan Nasional serta nilai-nilai dasar dasar Pancasila untuk menjawab segala tantangan zaman.

Buah dari ini pendidikan intensif BPI ini adalah para siswa memiliki karakter dasar yang beraqidah lurus, beribadah yang benar sesuai tuntunan, pribadi yang berkomitmen, disiplin dan menjaga nafsunya, memiliki kemampuan membaca dan mentadaburi Al Qur’an, berwawasan luas serta memiliki kecakapan hidup sebagai bekal mereka dewasa nanti.

Selamat bergabung di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda!

Categories: BPIGranada